Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Nama

Email

Pesan

Menulis dengan Ilham

  

Ilham berarti petunjuk yang datang dari Tuhan dan terbit di hati; atau merupakan bisikan hati. Ilham juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang menggerakkan seorang penulis untuk membuat tulisan.

Jadi, keberadaan ilham ini merupakan sesuatu yang sangat berarti bagi seorang penulis. Untuk itu, segera ikat ilham yang muncul di hati seorang penulis itu dengan menuliskan kata-kata dan kalimat ilham tersebut dalam sebuah (kertas, buku) kumpulan-kumpulan ide secara khusus. Sebab, ingat ilham itu belum tentu datang lagi menghampiri kita di kemudian waktu. Kalaupun hadir kembali, itupun prosesnya saya yakin cukup lama dan susah memancingnya. Ada yang pernah merasakannya?

Setelah ilham itu kita catat, HAMKA seorang Ulama dan penulis produktif pada jamannya, menyarankan dengan mengatakan, “Membuat karangan jangan ditunda-tunda, setelah bahan terkumpul baru menulis.” Inilah anjuran HAMKA kepada anaknya, Rusydi Hamka.

Untuk itu, saran saya, begitu ilham menghampiri kita, maka segera menuliskannya dalam bentuk tulisan. Biarkan pikiran kita mengalir menuliskannya. Baru setelah kita selesai menulis, rehat sejenak dengan merujuk pada sumber pustaka yang kita punyai (buku, kliping, kamus, dan lain-lain) sesuai tema terkait dengan ilham tersebut.

Berdasarkan pengalaman, bila kebiasaan membaca kita bagus dan didukung pengarsipan dokumentasi sumber pustaka yang baik, pengembangan ilham itu akan mengalir dengan sendirinya. Pokoknya, kita akan konek (secara alami) dengan tema-tema referensi sejenis yang kita miliki. Kalau udah begini, indah banget rasanya!

Jadi, segera ikat ilham yang hinggap dalam pikiran dan hati kita dengan segera menuliskannya. Yang jelas, dari kebiasaan membaca yang baik, ilham (barupun) itu akan muncul dan sekaligus akan memperlancar menuangkan ilham dalam media tulisan. Bagaimana menurut Anda, setuju?


P.S
Bila tulisan ini menurut Anda bermanfat, silahkan like, komen dan share biar saya posting tulisan yang sejenis.
.
Bagi Anda yang ingin berlangganan terkait tulisan seputar menulis, silahkan Klik WA ===>>> https://bit.ly/2U9jQvB
Lalu, tulis: Minat langganan artikel tentang menulis.
.
Semoga bermanfaat!
.
Arda Dinata
| Share, Reference & Education |
| Peneliti, Penulis, dan CEO MIQRA Indonesia Publishing |
Twitter: @ardadinata
Instagram: @arda.dinata
Telegram: ardadinata
WWW.ARDADINATA.COM


Dapatkan BONUS Tambahan Bagi Anda Yang Pre Order Buku "STRATEGI PRODUKTIF MENULIS" Hari Ini, Yaitu: 
Langganan GRATIS Kiriman Artikel Tentang Menulis Tiap Edisinya!
Copyright 2020 ©
Scroll to top